ABSTRAK
Harvey Ferly Moningka. 2011.
Penerapan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Pada Mata
Pelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA di SMA Kristen 1
Tomohon. Skripsi. Jurusan Biologi, Prodi Pendidikan Biologi. Fakultas Matematika
dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Manado di Tondano 2011.
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam menerapkan pola Pemberdayaan
Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) pada mata pelajaran biologi siswa di SMA
Kristen 1 Tomohon. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2011 pada siswa
kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3. Merupakan penelitian eksperimen dengan model
randomized control group pre test post test design dengan kelas XI IPA 1 (Kelas
eksperimen) dan XI IPA 3 (Kelas kontrol). Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui pelaksanaan pretest sebelum dan post test sesudah melaksanakan
perlakuan dengan menggunakan pola PBMP.
Hasil Penelitian dan analisis data
menunjukkan berdasarkan uji normalitas Kelas
eksperimen L0
= 0,1426 < Ltabel 0,1934 Maka H0 diterima sedangkan kelas kontrol
L0 = 0,088 < Ltabel 0,1934 Maka H0 diterima data
dengan menggunakan uji Lilifors, ternyata kedua kelas terdistribusi normal. Berdasarkan
pengujian homogenitas data populasi dengan menggunakan uji F, ternyata
diperoleh Fhitung lebih kecil daripada Ftabel dimana
harga Fhit = 0,57 dan F0,05 (33,33) = 1,80. Jadi, dengan
demikian pada taraf nyata 0,10 menerima H0 dan ini berarti kedua
kelas tersebut memiliki varians yang homogen. Kemudia Pengujian hipotesis
dengan menggunakan statistik uji t dengan uji dua pihak. Hasil yang diperoleh
dari perhitungan adalah : Thit = 2,47 dan Ttabel = 1,80
jadi thit > ttabel, dengan demikian H0
ditolak pada taraf nyata 0,05 dan menerima H1. Sehingga penerapan
pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Kristen 1 Tomohon. Untuk
meningkatkan hasil belajar siswa dan kegiatan belajar mengajar yang lebih
terpusat pada siswa (student center)
maka pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) menjadi salah satu
pilihan guru.
Kata
Kunci : PBMP, IPA Biologi, Hasil Belajar Siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar