Senin, 23 Januari 2012

Penerapan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA di SMA Kristen 1 Tomohon


ABSTRAK
            Harvey Ferly Moningka. 2011. Penerapan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA di SMA Kristen 1 Tomohon. Skripsi. Jurusan Biologi, Prodi Pendidikan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Manado di Tondano 2011.
            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam menerapkan pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) pada mata pelajaran biologi siswa di SMA Kristen 1 Tomohon. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2011 pada siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3. Merupakan penelitian eksperimen dengan model randomized control group pre test post test design dengan kelas XI IPA 1 (Kelas eksperimen) dan XI IPA 3 (Kelas kontrol). Data dalam penelitian ini diperoleh melalui pelaksanaan pretest sebelum dan post test sesudah melaksanakan perlakuan dengan menggunakan pola PBMP.
            Hasil Penelitian dan analisis data menunjukkan berdasarkan uji normalitas Kelas eksperimen L0 = 0,1426 < Ltabel 0,1934 Maka H0 diterima sedangkan kelas kontrol L0 = 0,088 < Ltabel 0,1934 Maka H0 diterima data dengan menggunakan uji Lilifors, ternyata kedua kelas terdistribusi normal. Berdasarkan pengujian homogenitas data populasi dengan menggunakan uji F, ternyata diperoleh Fhitung lebih kecil daripada Ftabel dimana harga Fhit = 0,57 dan F0,05 (33,33) = 1,80. Jadi, dengan demikian pada taraf nyata 0,10 menerima H0 dan ini berarti kedua kelas tersebut memiliki varians yang homogen. Kemudia Pengujian hipotesis dengan menggunakan statistik uji t dengan uji dua pihak. Hasil yang diperoleh dari perhitungan adalah : Thit = 2,47 dan Ttabel = 1,80 jadi thit > ttabel, dengan demikian H0 ditolak pada taraf nyata 0,05 dan menerima H1. Sehingga penerapan pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Kristen 1 Tomohon. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan kegiatan belajar mengajar yang lebih terpusat pada siswa (student center) maka pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) menjadi salah satu pilihan guru.

Kata Kunci : PBMP, IPA Biologi, Hasil Belajar Siswa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar